Arab Saudi Susun Sosok dan Perusahaan Kelompok Teroris

Arab Saudi Susun Sosok dan Perusahaan Kelompok Teroris

Negara teluk (Foto: Teheran Time)

Jeddah – Arab Saudi, UEA, Bahrain dan Mesir pada Selasa (25/7) menambahkan sembilan perusahaan dan sembilan individu ke daftar kelompok teroris yang berafiliasi  langsung atau tidak langsung dengan otoritas Qatar.

Menurut penyataan yang  dirilis Saudi Press Agency (SPA), keempat negara yang secara kolektif dikenal sebagai Kuartet Anti-Terorisme (ATQ), mengatakan, tiga orang Qatar dan satu-satunya orang Kuwait dalam daftar tambahannya yang terlibat dalam kampanye penggalangan dana Mendukung Front Al-Nusra dan milisi teroris lainnya di Suriah.

Selain itu, tiga tokoh dan tiga organisasi dari Yaman, juga diduga memberikan dukungan kepada Al Qaeda, dan melakukan tindakan atas nama jaringan teror tersebut, terutama dengan menggunakan dana signifikan dari badan amal Qatar yang ditunjuk oleh keempat negara bagian tersebut sebagai entitas teroris.

Dua tokoh dan enam perusahaan yang berafiliasi dengan kelompok teroris di Libya mendapat dukungan keuangan yang substansial dari pihak berwenang Qatar dan berperan aktif menyebarkan kekacauan dan kehancuran di Libya, meskipun mendapat perhatian internasional yang serius atas dampak destruktif dari praktik semacam itu

Keempat sekutu tersebut memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar pada awal Juni atas tuduhan mendukung kelompok teroris dan ekstremis – tuduhan yang ditolak Qatar. Pada tanggal 8 Juni 2017, Kuartet Anti-Teror merilis daftar panjang 59 individu dan 12 entitas berafiliasi Qatar yang digambarkan sebagai “pendukung teroris.”

Kuartet tersebut awalnya membuat 13 tuntutan, dan Qatar dipecat. Pekan lalu, kelompok tersebut mendesak Qatar untuk berkomitmen pada enam prinsip dalam memerangi ekstremisme dan terorisme dan menegosiasikan sebuah rencana dengan langkah-langkah spesifik untuk menerapkannya – sebuah langkah yang dapat membuka jalan bagi penyelesaian awal krisis.

Meski begitu, Qatar dengan tegas menolak permintaan tersebut, bersikeras tidak bersalah dan mengatakan, mereka tidak akan menerima perintah yang akan menghina kedaulatannya sebagai sebuah negara.

TAGS : Arab Saudi Turki Qatar Negara Teluk

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/19250/Arab-Saudi-Susun-Sosok-dan-Perusahaan-Kelompok-Teroris/

Related Post

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz