PBB Desak Dunia Hentikan Aliran Senjata ke Al-Qaeda

PBB Desak Dunia Hentikan Aliran Senjata ke Al-Qaeda

Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB, Nikki Haley (Foto: Financial Tribune)

New York – Dewan Keamanan PBB mendesak semua negara untuk menghentikan pasokan senjata ke Daesh dan teroris lainnya. Ia meminta agar setiap negara melakukan tindakan hukum terhadap pemasok dan penyalur senjata tersebut.

Resolusi yang disponsori oleh Mesir, dengan keras mengutuk adanya aliran senjata, peralatan militer, pesawat tak berawak dan alat peledak yang diimprovisasi ke Daesh, Al-Qaeda dan afiliasinya serta kelompok bersenjata dan penjahat lainnya.

“Ini adalah salah satu resolusi pertama untuk mencegah teroris mendapatkan senjata,” kata Duta Besar Mesir Amr Abdellatif Aboulatta, presiden Dewan Keamanan saat ini, setelah pemungutan suara.

 “Menghadapi teroris dan kelompok teroris adalah kejahatan yang tidak kalah kejamnya dibanding aksi teroris itu sendiri,” tegasnya

Resolusi tersebut menegaskan kembali komitmen semua negara untuk mencegah senjata mencapai teroris. Khsusunya mendesak 193 negara anggota PBB untuk mencegah dan mengganggu jaringan pengadaan senjata semacam itu.

Selain itu, resolusi tersebut juga mendesak semua negara bertindak kooperatif untuk mencegah teroris memperoleh senjata termasuk melalui Internet atau jejaring sosial.

Duta Besar Amerika Serikat, Nikki Haley menuduh Iran secara sengaja dan sistematis memberikan kontribusi persenjataan, pelatihan dan pendanaan untuk kelompok teroris yang melanggar kewajiban internasionalnya. Ia mengatakan, Proxy teroris melakukan kehendak rezim Iran di Irak dan Suriah.

Selain itu, Iran juga mendukung Hamas dan kelompok teroris di Bahrain. Melalui rekannya Hizbullah, Iran terlibat dalam persiapan perang di Lebanon. Ini adalah gudang senjata dan pasukan tempur yang mengeras.

TAGS : PBB Amerika Serikat

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/19748/PBB-Desak-Dunia–Hentikan-Aliran-Senjata-ke-Al-Qaeda/

Related Post

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz