Jokowi Butuh Cawapres dari Islam Moderat, Siapa Dia?

Jokowi Butuh Cawapres dari Islam Moderat, Siapa Dia?

Presiden Joko Widodo

Jakarta – Indonesia sebagai negara majemuk yang memiliki berbagai macam suku, adat istiadat, agama, dan berbagai latar belakang, maka membutuhkan seorang pemimpin yang toleran.

Demikian disampaikan Pengamat Politik dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Sirojudin Abbas, dalam sebuah diskusi bertajuk “Menakar Cawapres Potensial 2019″, di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (9/11).

Menurutnya, saat ini jumlah orang yang intoleran semakin merebak, belum lagi intoleransi dalam bidang politik. “Mereka ternyata yang percaya orang memilih calon pemimpin se-agama itu ternyata semakin meguat belakangan ini, jadi soal toleransi ini sangat serius,” kata Abbas.

Atas dasar itu, kata Abbas, pemimpin ke depan yang diharapkan adalah pemimpin yang memberikan pijakan atau memberikan harapan yang lebih baik atau semakin kuatnya toleransi dan kebersamaan di negara yang plural ini.

“Maka presiden bisa jadi akan didorong untuk mengisi dan menjawab keprihatinan publik itu dengan memilih wakil yang berpresentasi Islam Indonesia yang lebih moderat, Islam Indonesia yang lebih terbuka dan toleran karena terkait dengan stabilitas di lingkungan masyarakat,” terangnya.

Kata Abbas, tokoh Islam toleran yang berpotensi saat ini ini adalah Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Selain memiliki basis suara yang besar, Cak Imin juga pimpinan partai Islam terbesar di Indonesia.

“Maka untuk menjawab isu toleransi itu, bisa jadi Cawapres yang potensial itu Cak Imin, sebagaimana yang disebutkan oleh Maman (Anggota Dewan Syuro PKB) tadi,” katanya.

Sebelumnya dalam kesempatan yang sama, Maman Imanulhaq mengatakan, untuk mengantisipasi sejumlah pihak “menggoreng” isu Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan (SARA), maka Presiden Jokowi membutuhkan Cawapres dari kalangan santri.

“Banyak yang `menggoreng` isu SARA, sehingga dibutuhkan Cawapres yang mendampingi Pak Jokowi di Pilpres 2019 adalah dari kalangan santri yang memahami islam moderat dan transformatif. Sosok itu ada dalam diri Muhaimin Iskandar,” kata Maman.

TAGS : Pilpres 2019 Presiden Jokowi Cawapres Muhaimin Iskandar

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/24515/Jokowi-Butuh-Cawapres-dari-Islam-Moderat-Siapa-Dia/

Related Post

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz