Korsel Dukung Rencana AS Temui Korut

Korsel Dukung Rencana AS Temui Korut

Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat, Rex Tillerson (Foto: Getty)

Jakarta – Seoul menyatakan dukungannya terhadap rencana pembicaraan antara Washington dan Pyongyang, setelah Sekretaris Negara Amerika Serikat, Rex Tillerson menunjukkan kesediaan untuk duduk bersama Korea Utara “tanpa prasyarat.”

Juru Bicara Kementerian Unifikasi Baik Tae-hyun mengatakan kepada wartawan pada Rabu (13/12) bahwa Korea Selatan setuju dengan Washington dalam mengejar solusi damai untuk krisis nuklir Korea Utara. “Jika dialog semacam itu akan membantu mencapai tujuan tersebut, maka Seoul berharap hal itu terjadi segera, katanya.

Sekretaris Negara AS sebelumnya mengatakan Amerika tidak dapat mentolerir rezim bersenjata nuklir, tidak realistis mengharapkan rezim tersebut untuk membongkar program nuklirnya sebelum mengadakan pembicaraan.

Sementara pertemuan pertama bisa diadakan tanpa syarat “kapan saja Korea Utara ingin berbicara”, maka harus mengikuti “masa tenang” yang bebas dari provokasi nuklir atau rudal dan Korea Utara “harus datang ke meja dengan pandangan bahwa mereka ingin membuat pilihan yang berbeda.

Dari pertemuan itu, kedua belah pihak bisa menyusun peta jalan tentang apa yang bisa mereka lakukan, katanya.

Sementara Tillerson tampaknya telah menunjukkan perubahan nada dari sikap awal Washington, sekretaris pers Gedung Putih Sarah Sanders mengatakan bahwa pandangan Presiden Trump mengenai Korea Utara “tidak berubah.”

“Korea Utara bertindak dengan cara yang tidak aman tidak hanya terhadap Jepang, China, dan Korea Selatan, tapi juga seluruh dunia,” ujarnya.

Di tengah pertentangan pandangan mengenai dialog, ada spekulasi bahwa perwakilan khusus AS untuk kebijakan Korea Utara Joseph Yun dan seorang pejabat Korea Utara dapat mengadakan pembicaraan balik minggu ini.

Kedua pejabat tersebut kemungkinan akan melakukan pembicaraan dalam sebuah pertemuan Dewan Keamanan untuk Kerjasama di Asia Pasifik yang diadakan pada Kamis dan Jumat mendatang di Thailand.

TAGS : Korsel Korut Amerika Tillerson

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/26267/Korsel-Dukung-Rencana-AS-Temui-Korut/

Related Post

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz