Ke Korsel, Kim Jong-un Bawa Toilet Khusus

Ke Korsel, Kim Jong-un Bawa Toilet Khusus

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong un (Foto: Getty Images/AFP)

Seoul – Meski sudah duduk satu meja dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, pada Jumat (27/4) pagi, rupanya Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un enggan menggunakan toilet Korsel.

Dikutip dari CBS News, selain membawa rombongan ke Korsel, Kim juga membawa toilet khusus. Hal itu dimaksudkan untuk mencegah kebocoran informasi yang bersifat pribadi.

“Dari pada menggunakan toilet umum, pemimpin Korea Utara memiliki toilet pribadi yang mengikutinya saat dia bepergian,” kata Komando Garda Utama Korut Lee Yun-keol.

“(Alasannnya) pemimpin mengandung informasi tentang kesehatannya, sehingga mereka tidak dapat meninggalkan (informasi tersebut),” lanjutnya.

Ini bukan hal baru bagi Kim. Setiap kali melakukan inspeksi militer dan industri ke daerah-daerah, orang nomor satu di Korea Utara itu bahkan membawa kamar mandi khusus di dalam kendaraannya.

“Toilet tidak hanya di kereta pribadi Kim Jong-un, tapi juga mobil kecil atau menengah apapun yang dia tumpangi dan bahkan kendaraan khusus yang dirancang untuk medan pegunungan atau salju,” terang Lee.

“Ada banyak kendaraan di dalam konvoi, sehingga tidak ada orang yang tahu di mana dia berada, dan ada mobil terpisah yang fungsinya sebagai kamar mandi,” imbuh Lee.

TAGS : Korsel Korea Utara Kim Jong-un

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/33307/Ke-Korsel-Kim-Jong-un-Bawa-Toilet-Khusus/

Related Post

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz