AS Berlakukan Tarif Impor 25 Persen Barang China

AS Berlakukan Tarif Impor 25 Persen Barang China

Suasana pelabuhan China (Foto: AP)

Washington –  Pemerintah Amerika Serikat (AS) menetapkan daftar Panjang barang Tiongkok senilai USD16 miliar yang akan dikenakan tarif 25 persen pada akhir bulan ini.

Kantor Perwakilan Dagang AS mengatakan, Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan akan mulai menagih bea masuk pada 279 dari 284 produk pada daftar tersebut pada 23 Agustus.



Dilansir dari Anadolu, barang termasuk dikenai bea masuk adalah motor AC dan DC, regulator tegangan, turbin uap, gerbong kereta api, antena dan sirkuit terpadu.

Awal Juli Gedung Putih memberlakukan tarif 25 persen pada barang-barang Tiongkok yang bernilai USD34 miliar. Hal ini mengguncang Beijing, yang membalas dengan jumlah pungutan yang sama atas barang-barang AS.

Jumat lalu, Tiongkok mengumumkan bahwa pihaknya berencana memberlakukan tarif hingga 25 persen pada barang-barang AS senilai USD60 miliar karena perang dagang antara dua ekonomi terbesar dunia tersebut terus berlanjut.

Untuk sementara, AS menyiapkan 10 persen tarif untuk tambahan barang-barang Tiongkok senilai 200 miliar.

AS berusaha membuat Tiongkok berbalik arah dari kebijakan tidak masuk akal dan diskriminatif Beijing, terkait dengan transfer teknologi dan kekayaan intelektual dan untuk memperkecil defisit perdagangan.

Maret lalu, laporan Perwakilan Perdagangan AS mengatakan, Tiongkok menggunakan persyaratan usaha bersama, pembatasan investasi asing, dan peninjauan kembali administratif dan proses perizinan untuk mengharuskan atau menekan transfer teknologi dari perusahaan AS.

Tiongkok juga dianggap “menghilangkan kemampuan perusahaan AS untuk mengatur ketentuan berbasis pasar dalam perizinan dan negosiasi terkait teknologi lainnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa Tiongkok melakukan dan mendukung upaya peretasan yang menargetkan perusahaan AS yang berusaha mencuri rahasia bisnis.

Direktur Dewan Ekonomi Nasional, Larry Kudlow, memperingatkan Tiongkok agar tidak meremehkan presiden, dan mengatakan, Tiongkok tahu apa yang kami minta, mereka hanya belum membuat tanggapan yang memuaskan.

Hubungan perdagangan AS dan Tiongkok diperkirakan mencapai USD650 miliar setiap tahun. Tetapi impor AS jauh lebih banyak dari Tiongkok daripada ekspor.

Ekspor AS ke Tiongkok mencapai USD169,8 miliar pada tahun 2016, sementara impor mencapai USD478,8 miliar pada tahun itu.

TAGS : China Amerika Serikat tarif impor

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/39061/AS-Berlakukan-Tarif–Impor-25-Persen-Barang-China/

Related Post

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz