AS Janjikan Rp4,3 Triliun untuk Dana Keamanan ASEAN

AS Janjikan Rp4,3 Triliun untuk Dana Keamanan ASEAN

Sekretaris Negara AS Mike Pompeo (Foto: via Financial Tribune)

Singapura – Sekretaris Negara Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo menjanjikan dana keamanan sebesar US$300 juta (Rp4,3 triliun) untuk ASEAN. Dana keamanan tersebut akan dikucurkan dalam rangka melawan dominasi China di Asia Tenggara.

“Sebagai bagian komitmen kami untuk memajukan keamanan di regional Indo-Pasifik, AS dengan senang hati mengumumkan US$300 juta untuk pendanaan baru, dan memperkuat kerja sama keamanan di seluruh wilayah,” ujar Pompeo dilansir dari Reuters dalam acara pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN, Jumat (3/8).



Pompeo menjelaskan, bantuan keamanan diharapkan dapat memperkuat keamanan maritim, mengembangkan bantuan kemanusiaan, kemampuan pemeliharaan perdamaian, dan melawan ancaman transnasional.

Awal pekan ini, AS akan menginvestasikan $ 113 juta dalam prakarsa teknologi, energi dan infrastruktur di negara-negara berkembang Asia yang disebutnya sebagai “uang muka untuk era baru ekonomi AS di kawasan ini”.

Visi Amerika Serikat untuk “Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka” datang pada saat yang sama, ketika China meningkatkan pengaruhnya sebagai bagian dari rencana Belt and Road, guna meningkatkan hubungan perdagangan dengan negara-negara di Asia Tenggara dan sekitarnya.

Para analis mengatakan perselisihan perdagangan yang keras antara Beijing dan Washington juga berpengaruh pada ketegangan atas isu-isu hotspot regional lainnya, seperti Laut Cina Selatan, yang diklaim secara keseluruhan oleh China dan sebagian oleh beberapa negara Asia Tenggara.

TAGS : ASEAN Amerika Serikat

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/38825/AS-Janjikan-Rp43-Triliun-untuk-Dana-Keamanan-ASEAN/

Related Post

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz