Ditemukan Lukisan Tertua di Dunia di Gua Kalimantan

Ditemukan Lukisan Tertua di Dunia di Gua Kalimantan

Salah satu lukisan tertua di cadas Kalimantan

Jakarta – Tim penelitian berskala internasional yang dipimpin akreolog Indonesia, menemukan peninggalan lukisan tertua di dunia. Gambar figuratif berusia 40.000 tahun tersebut terlukis di atas cadas-cadas di gua Kalimantan Timur.

Penemuan ini dinilai sebagai bukti termutakhir bahwa karya seni enigmatis merupakan penggambaran figuratif tertua di dunia.



Juga, sekaligus meluruskan pandangan umum bahwa gambar cadas tidak hanya berkembang di Eropa seperti keyakinan selama ini, melainkan inovasi penting dalam sejarah kebudayaan manusia, yang berakar pada Zaman Es di Indonesia.

Anggota tim peneliti Adhi Agus Oktaviana menyampaikan, gambar-gambar yang terdapat di cadas tersebut sudah diuji menggunakan serangkaian penanggalan, dengan metode uranium-series, yang dilakukan terhadap sampel kalsium karbonat.

Pengumpulan sampel dan penanggalan tersebut dipimpin oleh seorang spesialis penanggalan gambar cadas asal Universitas Griffith, Maxime Aubert.

“Gambar tapak tangan di Kalimantan kelihatannya menunjukkan usia yang sama,” kata Adhi merujuk pada gambar cadas tertua yang berisi lukisan seekor hewan tak teridentifikasi, pada Kamis (8/11) di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Jakarta.

“Gambar ini memberi kesan bahwa tradisi gambar cadas zaman Paleolitik pertama kali muncul di Kalimantan sekitar 52.000 dan 40.000 tahun lalu,” imbuhnya.

Hasil penanggalan juga mengindikasikan perubahan besar pada budaya seni hasil gambar cadas Kalimantan sekitar 20.000 tahun lalu.

Hal ini ditunjukkan dengan adanya gaya baru dalam seni gambar cadas, termasuk beberapa gambar manusia, ketika iklim global pada Zaman Es mencapai tingkatan paling ekstrim.

“Siapa seniman pada Zaman Es di Kalimantan dan apa yang telah terjadi pada mereka merupakan sebuah misteri,” terang spesialis gambar cadas asal Institut Teknologi Bandung (ITB), Pindi Setiawan.

Seperti diketahui, Eropa telah lama diketahui sebagai pusat perkembangan gambar cadas. Sementara Kalimantan merupakan pulau terbesar ketiga di Bumi, yang hampir sepanjang Zaman Es, pulau ini merupakan ujung dari lempeng Benua Eurasia.

TAGS : Lukisan Tertua Cadas Kalimantan Penemuan Arkeologi

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/43580/Ditemukan-Lukisan-Tertua-di-Dunia-di-Gua-Kalimantan/

Related Post

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz