Hengkang Lagi Satu Pejabat Penting AS

Hengkang Lagi Satu Pejabat Penting AS

Utusan AS untuk koalisi global yang memerangi ISIS, Brett McGurk (Foto: Susan Walsh/AP)

Washington –  Sudah dua pejabat Amerika Serikat (AS) keluar dari jabatanya semenjak Presiden Donald Trump menarik pasukan AS keluar dari Suriah. Pertama, Menteri Pertahana AS, Jim Mattis dan yang kedua Brett McGurk.

McGurk, merupakan utusan AS untuk koalisi global yang memerangi ISIL (ISIS, Red), mengundurkan diri minggu ini karena ketidaksetujuannya dengan keputusan mengejutkan Trump menarik pasukan AS keluar di Suriah.



Baik Associated Press dan berita CBS melaporkan, McGurk menyerahkan surat pengunduran dirinya kepada Sekretaris Negara Mike Pompeo pada Jumat, sehari setelah Menteri Pertahanan James Mattis meninggalkan jabatannya.

Dalam surat itu, yang dideskripsikan kepada Associated Press oleh seorang pejabat yang akrab dengan isinya, McGurk mengatakan para ISIS memang sudah dilumpuhkan, tetapi belum dikalahkan seperti yang dijelaskan Trump.

“Penarikan dini pasukan Amerika di Suriah akan membuat pasukan ISIS kembali bermunculan,” tegasnya.

McGurk, akan mengundurkan dirinya secara efektif pada 31 Desember. Sebelumnya, ia merencanakan akan mengundurkan dirinya pada pertengahan Februari setelah pertemuan para menteri luar negeri dari negara-negara koalisi yang diselenggarakan AS.

“Tetapi ia merasa tidak dapat melanjutkan lagi setelah keputusan Trump untuk menarik diri di Suriah dan Pengunduran diri Mattis,” menurut pejabat itu kepada Associated Press.

TAGS : Donald Trump Amerika Serikat Suriah Pejuang ISIS

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/45806/Hengkang-Lagi-Satu-Pejabat-Penting-AS/

Related Post

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz